cara pembuatan jenang atau dodol kacang asli banyumas

on Minggu, 03 April 2011
JENANG / DODOL KACANG ASLI BANYUMAS
Dalam hal ini kita akan membahas mengenai pembuatan jenang atau dodol kacang, yang kebanyakan orang tahu kalau dodol itu dari garut jawa barat, tapi banyak juga dodol yang dibuat oleh banyak daerah dengan bermacam-macam jenis nya, untuk rasa kemungkinan besar sama saja.
Berhubung saya asli banyumas, saya akan membahas tentang bahan dan cara pembuatanya. Ya… bisa dibilang buat sharing, sapa tau ada yang mau buat masakan tersebut he….he…he….
Langsung saja ke pokok masalah, hal pertama yang harus disiapkan adalah bahan tentunya.
Bahan- bahan jenang atau dodol ketan:
  1. Tepung beras ketan murni sebanyak 10 kg
  2. Gula merah super sebanyak 15 kg
  3. Kelapa sebanyak 30 biji
  4. Kacang tanah sebanyak 3 kg
  5. Minyak goreng 1 kg
Cara membuatnya:
  1. Giling beras dan kelapa secara terpisah
  2. Buat santan dari ampas kelapa, perasan santan kelapa yang pertama dimasak sampai jadi minyak, dan perasan santan yang selanjutnya buat campuran tepung ketan, aduk santan dan tepung sampai merata.
  3. Siapkan kacang tanah dan goreng matang, kemudian ditumbuk halus.
  4. Setelah santan yang dimasak sudah jadi minyak, masukan gula merah untuk pertama kalinya masukan sekitar 5-6 kg.
  5. Setelah gula setengah meleleh masukan adukan tepung tersebut, dan aduk sampai adonan menggumpal. Kemudian masukan gula sisanya dan kacang yang sudah ditumbuk.
  6. Aduk terus sampai semuanya tercampur, pastikan kondisi api tetap stabil agar percampuran adonan bisa sempurna. Aduk sampai matang usahakan jangan sering berhenti agar adonan tidak menjadi gosong.
  7. Semua proses pemasakan dari awal adonan dimasak dengan bahan dengan jumlah tersebut diatas berkisar sekitar 3 jam, dan untuk mengetahui bahwa dodol sudah masak adalah pada saat dodol sudah dipegang nggak lengket, maka dodol tersebut sudah siap diangkat. Dan cetak sesuai selera.

Demikianlah cara pembutan dodol semoga bisa membantu jikalau ada yang ingin membuat dan memproduksikanya. Dodol dengan sejumlah bahan tersebut diatas, kalau sudah matang menjadi kurang lebih 28-30 kg.

0 komentar:

Posting Komentar